Rabu, 24 Juli 2013

Apakah aman BBM + Ethanol?

Kadang2 artikel yang dibuat di media2 meleset dari pengetahuan sebenarnya. Bahan bakar dicampur etanol di sinyalir aman padahal dalam perkataannya jelas2 etanol menyerap air. Coba perhatikan artikel ini dan pernyataan Wikipedia....

Artikel Bensin + Etanol aman....

http://motor.otomotifnet.com/read/2012/01/23/327391/217/14/Perawatan_Premium_VS_Pertamax_Mana_Lebih_Murah_

Padahal jelas2 dikatakan mengikat air namun dibilang lebih kering....

Pernyataan Wikipedia tentang bbm + etanol :

" Etanol bersifat higroskopis, yang artinya etanol akan menyerap uap air langsung dari atmosfer. Karena menyerap air akan mengencerkan nilai bahan bakar etanol (dan juga akan menimbulkan knocking pada mesin), maka dalam pengepakannya, bahan bakar etanol harus ditutup rapat. Karena etanol dengan amat mudah bercampur dengan air, maka etanol tidak dapat didistribusikan dengan pipa yang lebih efisien dan modern. [29] Para teknisi sekarang juga melihat dampak yang ditimbulkan karena adanya kandungan air dalam etanol yang menyebabkan kerusakan pada mesin-mesin kecil, terutama pada karburatornya "

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar_etanol

------------------------------------------------

Kalo diperhatikan penggunaan bbm campur etanol resiko dan keuntungannya 50:50

Nah silahkan dipelajari teori ini :

Dalam artikel bensin + etanol ada tulisan :

" Bang Jay yang masih eksis di balap juga terima servis harian. Pelanggannya variatif, dari pengguna bensin Premium sampai Pertamax Plus pun ada. Sehingga bisa membandingkan segi perawatan motor yang menggunakan berbagai jenis bahan bakar.

Menurut Bang Jay, Pertamax atau Pertamax Plus karakternya lebih kering. Artinya lebih mudah menguap dan mampu terbakar dengan lebih tuntas dibanding Premium. Membuat kandungan kerak dalam ruang bakar jadi sedikit.

Akibat sifatnya yang kering, seperti menggunakan spuyer yang lebih kecil. Pertamax atau Pertamax Plus mampu terbakar habis. Ini yang membuat timbunan karbon atau kerak sedikit. Membuat lebih lama jangka waktu servis besarnya."

-----------------------------------------------

Artinya untuk membuat ruang bakar bersih, bensin harus terbakar lebih sempurna atau TIDAK MENINGGALKAN BANYAK SISA.

Tapi cara membuat pembakaran sempurna banyak caranya.

TIDAK HARUS PAKE BBM MAHAL !!!.

Seorang teknisi bila ingin membuat bbm lebih terbakar sempurna, bisa menyesuaikan pasokan bahan bakar sesuai kebutuhan. Misalnya mau atasnya sedikit kering, dalam karburator bisa di paskan saja ukuran Main Jetnya. Atau pembakaran bawah lebih gampang, bisa mengurangi pasokan sedikit. Dalam injeksi tentu ada caranya sendiri. Ini perumpamaan mudahnya.

Tapi ada timbal baliknya, bila pasokan dikurangi performa bisa payah apalagi bila bensinnya yang standar. Makin kacau performanya.

Solusinya bisa dengan Mengisi BBM mahal atau mengurangi pasokan bbm std tapi dicampur aditif penguat performa agar setara dengan efek bbm mahal.

Karakter si Biru karena Ron agak tinggi, tapi MON nya rendah, otomatis pada putaran atas terasa kering soalnya.

Dengan Norival, pembakaran bisa cepat tapi disertai MON yang tinggi. Putaran atas terasa ngisi terus.
Salam Norival
       HO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar