Banyak beredar peningkat oktan bensin.
Katanya mampu menghemat 30-40%. Katanya lagi, dengan menambah aditif ke
bensin jenis Premium bisa seperti Pertamax, atau Pertamax bisa jadi
Pertamax Plus.
Merasa tak yakin, coba dilakukan
pengujian. Apa benar bisa hemat bensin atau malah tambah boros. Diambil
sample 1 produk peningkat oktan model cair merek Norival Energy Fuel
Enhancer tipe G (Gold). Seharga Rp 45 ribu, tiap 1 botol kecil isi 12 ml
terkandung minyak atsiri murni. Diteteskan ke bensin dengan
perbandingan 1 ml untuk 15 liter, atau 2 tetes untuk 1 liter.
Tes menggunakan Dynojet 250i milik Aero
Speed di Jl. H Nawi Raya, No. 74, Jakarta Selatan, telepon (021)
7201190. Menggunakan Yamaha Scorpio 2005 karbu PE 28. Pilot-jet 55 dan
main-jet 115.
Running pertama hanya Premium. Daya yang
didapat 17,21 HP, tapi di rpm bawah, grafik power pertama alami
penurunan karena campuran bahan bakar terlalu kaya. “Tapi, di rpm 5.500,
grafik AFR berada di 1 : 14,” terang Mohamad Yuda alias Gendung sebagai
operator Dynotest.
Kondisi campuran ideal 1 : 14,7. Artinya
1 molekul bensin terbakar tuntas dengan 14,7 molekul udara. Namun
realnya supaya motor adem dan awet pasnya 1 : 13. Lebih banyak bensin.
Tes kedua, campuran bensin dan aditif dimasukkan ke tabung khusus agar
takarannya jelas. Tabung diisi Premium 500 ml dicampur 1 tetes cairan
Norival Gold.
Motor kembali dites dan hasilnya power
alami kenaikan jadi 17,59 HP. Bahkan grafik AFR menuju titik 1 : 13,5.
Menandakan campuran jadi basah atau kaya bensin, spuyer minta dikecilin.
Menggunakan aditif jadi lebih irit, asal spuyer dikecilin 1 step. Atau
minimal harus seting setelan angin. Supaya tidak terlalu kaya bensin
yang berakibat malah boros dan berkerak.
Terakhir, tes Pertamax murni. Hasilnya,
di putaran bawah grafik AFR menunjukan masih terlalu kaya, namun terus
melonjak mendekati perbandingan ideal. Dan power yang didapat 17,65 HP
atau 0,06 HP lebih kecil dari Premium yang ditetesi cairan. Tapi, angka
ini sangat kecil Bisa dikatakan bias. (motorplus-online.com) Penulis :
Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus (Sumber: tabloid motorplus)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar